Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

2012 Meranti Terapkan e-KTP

Sulthan
Monday 4 April 2011, 4/04/2011 WIB Last Updated 2015-02-25T07:32:00Z
SELATPANJANG(DP)- Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2012 mendatang akan menerapkan Elektronik KTP (Kartu Tanda Penduduk) bagi seluruh masyarakat. Terobosan ini dilakukan, untuk menyamakan pelayanan identitas masyarakat secara Nasional. E-KTP ini juga untuk menghidari identitas kependudukan ganda, yang kerap terjadi diberbagai tempat di Indonesia, sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat untuk menyamakan dan menertibkan administrasi kependudukan. Demikian dikatakan Sekretaris Disdukcapil, Joko Surianto Selamat, kepada Dumai Pos di ruang kerjanya, akhir pekan kemarin.
Dijelaskannya, untuk Tahun Anggaran 2011 pihaknya baru menganggarkan pemasangan perangkat untuk lima kecamatan. Sedangkan untuk dua kecamatan yang baru dimekarkan, akan diusahakan masuk dalam anggaran APBD-P 2011 ini. Dan jika belum bisa tertampung, akan dimasukkan dalam anggaran perbelanjaan tahun 2012.

“Khusus untuk yang lima kecamatan itu, menurut rencana tahun 2012 sudah dapat dioperasikan. Kita sudah membuat rencana rancang konstruksi. Seluruh pengadaan, serta pemasangannya akan dilakukan oleh pihak ke tiga,”terang Joko, yang juga mantan Kabag Humas.
Ditamhahkannya, dengan penerapan KTP elektronik ini, menjamin data kependudukan terkait alamat, jumlah dan hal lain menyangkut database kependudukan. Kalau sebelumnya, masyarakat dapat saja memiliki KTP ganda, namun setelah penerapan ini dipastikan tidak bisa lagi.
Karena data seseorang yang sudah memiliki e-KTP ini, akan terekam secara nasional. Inilah salah satu tujuan pemerintah untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan penyalahgunaan identitas. Hal ini juga untuk mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan baik, antar Kabupaten maupun Provinsi.
Disebutkannya, kepada masyarakat nantinya agar dapat mendukung program pemerintah ini. Bagi masyarakat yang belum memiliki KTP agar mengurusnya dengan melengkapi seluruh perlengkapan sesuai aturan.”Untuk pengurusan KTP yang baru nanti, kepada seluruh masyarakat agar mengurus sendiri tanpa menggunakan orang lain,”ujarnya.
Komentar

Tampilkan

  • 2012 Meranti Terapkan e-KTP
  • 0

Terkini

Topik Populer