Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Anis Matta: Jangan Alergi Terhadap Capres Independen

Sulthan
Sunday 3 April 2011, 4/03/2011 WIB Last Updated 2011-04-03T17:04:05Z
BERITA MERANTI, Jakarta - Sekjen DPP PKS Anis Matta menyatakan Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, tentunya tak boleh alergi terhadap wacana calon presiden (capres) independen. Walau memang secara operasional wacana ini tidak mudah untuk diwujudkan karena harus mengamandemen UUD 1945 lagi.

“Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Karena itu merupakan hak setiap warga negara. Jadi jangan ditutup. Kita harus membuka ruang tersebut. Tinggal bagaimana kita membuat persyaratan dan aturan mainnya,” kata Anis Matta kepada detikcom di Jakarta, Minggu (3/4/2011).

Sebenarnya, lanjut Anis, calon independen ini sudah diterapkan, khususnya di beberapa Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada). Bahkan, di antara
calon independen yang maju dalam Pemilukada ada yang berhasil mengungguli perolehan suara calon lainnya yang diusung dari partai politik.

“Prinsipnya, kita harus membuka ruang untuk diterapkan kompetisi dan persaingan sehat. Karena semakin banyak calon akan semakin baik. Dan diharapkan hasilnya akan lebih berkualitas untuk regenerasi kepemimpinan,” ungkapnya.

Mengenai masalah partai politik yang selama ini menjadi saluran aspirasi politik bagi masyarakat, Anis menambahkan, partai politik tidak perlu merasa terancam. Sebab, dengan munculnya capres independen akan membuat partai politik manapun lebih ekstra bekerja secara produktif untuk kepentingan rakyat.

”Jadi, mereka tidak akan tinggal diam karena muncul persaingan sehat. Jika tahun ini amandemen UUD 1945 dilakukan, pada Pemilu 2014 nanti peluang munculnya capres independen terbuka lebar,” pungkasnya.
Komentar

Tampilkan

  • Anis Matta: Jangan Alergi Terhadap Capres Independen
  • 0

Terkini

Topik Populer