Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Direncanakan Pulau Merbau Pusat Pemerintahan

Sulthan
Tuesday 10 May 2011, 5/10/2011 WIB Last Updated 2015-02-25T07:34:44Z
KABUPATEN MERANTI, Selatpanjang - Untuk jangka waktu panjang, posisi Pulau Merbau yang terletak di tengah Kabupaten Kepulauan Meranti, sangat strategis menjadi pusat pemerintahan kabupaten termuda di Riau itu ke depan. Pertimbangan penentuan itu karena di pulau tersebut sebelumnya pernah menjadi benteng pertahanan para raja dan masa kerajaan Sultan Siak ratusan tahun lalu itu. “Dasar itulah Pulau Merbau akan kita jadikan pusat pemerintahan selain posisinya yang amat mendukung,”ungkap Bupati Meranti, Irwan Nasir, kepada wartawan di Selatpanjang baru-baru ini. Dikatakannya, para raja-raja sebelumnya tentu telah mengkaji dari berbagai sisi kelebihan pulau itu, sehingga dijadikan benteng dan pusat pemerintahan kala itu. Hal itu memotivasi kita merencanakan pulau itu nantinya menjadi pusat pemerintahan untuk Kabupaten Kepulawan Meranti,”kata Irwan.

Letaknya yang strategis di tengah wilayah kabupaten ini, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia menjadi nilai tambah tersendiri. Topografi tanah di pulau itu juga berbeda jauh dengan anah yan ada di kecamatan lainnya. Disana tanahnya keras bukan, lagi gambut dan air tanahnya juga bening bagaikan air gunung.
Inilah salah satu kelebihan pulau tersebut dibanding dengan pulau lainya di Meranti. Menjadi alasan kuat mengapa pulau itu kita rencanakan menjadi pusat pemerintahan nantinya. Tentu para raja terdahulu telah mempertimbangkan dari segala sisi untuk menentukannya.
Merangkai pulau melalui jembatan dan roro yang akan dibangun secara bertahap, akan merubah wajah kabupaten Meranti menjadi pusat perhatian dan pusat perdagangan baru di kawasan wilayah pesisir nantinya,”bebernya.
Kota Selatpanjang sendiri menurut Bupati, akan dijadikan pusat bisnis dan akan dikembangkan sebagai kawasan industry dari berbagai industry. Apakah untuk keperluan masyarakat sehari-hari, maupun industri lainya untuk mendukung berbagai keperluan pembangunan wilayah ini nantinya.
“Baik industry rumahan maupun konvensional. Untuk itulah sejak awal tata ruang kabupaten ini akan kita susun sedemikian rupa sehingga seluruh bangunan yang akan dibangun tetap up date sampai 40 hingga 50 tahun ke depan,”terangnya lagi.
Sementara beberapa kecamatan lainnya juga akan dibangun sesuai dengan potensi kecamatan tersebut. Sehingga seluruh kecamatan akan terbangun saling membutuhkan dan saling isi mengisi, sehingga kemajuan kabupaten akan berkembang menjadi sebuah bandar yang unggul, terbilang cemerlang di masa datang,”tuturnya.
Komentar

Tampilkan

  • Direncanakan Pulau Merbau Pusat Pemerintahan
  • 0

Terkini

Topik Populer