Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kecurangan Seleksi CPNS Belum Terhenti

Sulthan
Sunday 24 April 2011, 4/24/2011 WIB Last Updated 2011-04-24T15:06:10Z
BERITA MERANTI, Jakarta (RP) – Investigasi belum rampung, indikasi kecurangan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terus bermunculan. Terbaru, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) mencium kecurangan seleksi CPNS di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.
Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kemen PAN dan RB Ramli Naibaho mengatakan, tim investigasi yang ia terjunkan sejak awal tahun lalu terus bekerja keras.
“Mereka semua berupaya membongkar dan membuktikan laporan kecurangan seleksi CPNS,” tandasnya.  Ramli menjelaskan, buntut dari laporan tersebut kini menimbulkan polemik dalam pelaksanaan seleksi CPNS. “Pihak pelapor bilang ada permainan. Sementara pemerintah daerah bilang semuanya (seleksi CPNS, red) berjalan lancar,” sambungnya.

Kasus yang menimpa Kabupaten Kubu Raya tersebut, mengancam nasib 236 peserta seleksi yang dinyatakan lolos seleksi CPNS 2010 lalu. Pengungkapan kecurangan tersebut, masuk ke Kemen PAN dan RB dari laporan Badan Kepegawaian Negara (BKN).   Laporan itu tertuang dalam surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Topo Ashari kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, E.E. Mangindaan, nomor K.26.30/V.1038/93, tanggal 12 April 2011.
Dalam laporan tersebut, pihak BKN hanya menetapkan 24 orang yang dinyatakan lulus murni. Sisanya, sejumlah 212 diputuskan bermasalah. Untuk sementara, BKN menangguhkan penyematan nomor induk pegawai (NIP) peserta seleksi bermasalah itu.
Menurut Ramli, hasil temuan BKN terhadap pelaksanaan seleksi CPNS itu menyebutkan ada indikasi kecurangan dengan memanipulasi nilai kelulusan. Pihak panitia daerah, tidak berkoordinasi dengan perguruan tinggi negeri yang ditunjuk untuk mengoreksi hasil ujian. “Selain itu, pemerintah tingkat II juga tidak berkoordinasi dengan gubernur (provinsi, red),” papar Ramli.
Persoalan kecurangan yang terus bermunculan ini, mendesak Kemen PAN dan RB untuk menyelesaikannya. Ramli mengatakan, akan memanggil pihak-pihak yang terkait dengan kecurangan seleksi CPNS 2010.
Komentar

Tampilkan

  • Kecurangan Seleksi CPNS Belum Terhenti
  • 0

Terkini

Topik Populer