Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

200 Ribu, Kuota CPNS 2011

Sulthan
Tuesday 29 March 2011, 3/29/2011 WIB Last Updated 2011-03-29T16:14:55Z
BERITA MERANTI, Jakarta (RP)- Besaran kuota CPNS tahun ini sama dengan 2010 atau sekitar 200 ribu PNS. Menteri PAN dan RB, EE Mangindaan mengatakan, dari jumlah itu akan ikut direkrut para honorer daerah.
‘’Masih ada beberapa ratus honorer yang masih diverifikasi dan akan dimasukkan dalam kuota CPNS 2011,’’ kata Mangindaan, Senin (28/3).
Ia menambahkan, diharapkan 2012 mendatang penerimaan CPNS sudah akan masuk zero growth. Itu dapat dilakukan bila para honorer daerah sudah tertampung semuanya. ‘’Kalau tahun ini belum bisa, nanti 2012 baru bisa karena sudah masuk reformasi birokrasi,’’ tambahnya.
Dijelaskannya, yang dimaksud zero growth, penerimaan CPNS betul-betul hanya sesuai kebutuhan. ‘’Jadi berapa yang pensiun dan berhenti kita isi supaya jadi the right size and
the right function,’’ katanya.
‘’Kalau itu sudah jalan baru kita evaluasi apakah strukturnya sudah rapi atau gemuk. Pendistribusiannya memang perlu kita atur lagi,’’ paparnya.
Kini, kata Mangindaan, yang perlu dilakukan adalah memperbaiki struktur yang ada. Makanya daerah jangan sembarang mengajukan. ‘’Berapa kebutuhan minimal harus jelas dulu, sesuai kebutuhan dan formasi yang dibutuhkan,’’ tambahnya.
‘’Terutama formasinya, kita butuh insinyur lalu usulkan ekonom kan jadi lucu. Dan ini masih terjadi di beberapa daerah. Makanya perlu kita perbaiki,’’ ujarnya.
Pemerintah Batasi Rekrutmen CPNS
Dengan rencana penerapan pertumbuhan nol (zero growth) PNS, pemerintah tak lagi menerima secara besar-besaran. Jumlah PNS yang tepat ukuran dan fungsi memudahkan pemerintah mengatur penyaluran PNS, sehingga tak ada lembaga negara yang kelebihan atau kekurangan pegawai.
Kabag Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Tumpak Hutabarat menjelaskan, jumlah tenaga honorer yang tercatat kini mencapai 569.922. Itu terbagi jadi dua kategori. Pertama, 152.310 tenaga honorer. Kedua, 417.612 tenaga honorer.
Meski demikian, Tumpak mengakui upaya menuju zero growth masih terganjal keberadaan peraturan pemerintah (PP) pengangkatan tenaga honorer. PP itu hingga kini masih menyangkut di DPR. ‘’Selama PP belum terbit, masih belum ada jaminan,’’ ujarnya.
BKN sendiri optimis, rancangan PP pengangkatan tenaga honorer yang masih dibahas di DPR itu bisa selesai tahun ini. Jika asumsi itu tepat waktu, BKN mendata jumlah CPNS baru tahun ini cukup melimpah. Diperkirakan, jumlah CPNS baru mencapai 769 ribu.
Setelah benar-benar masuk dalam tahap zero growth, Tumpak mengatakan pengajuan komposisi CPNS benar-benar sesuai dengan data pegawai yang pensiun, menggundurkan diri, dan mutasi.
Selama ini, usulan jumlah CPNS yang diajukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ke BKN melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Rerformasi Birorasi (Kemen PAN dan RB), selalu menggelembung.
Komentar

Tampilkan

  • 200 Ribu, Kuota CPNS 2011
  • 0

Terkini

Topik Populer