Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pemerintah Pusat Respon Pendirian SMK

Sulthan
Friday 8 April 2011, 4/08/2011 WIB Last Updated 2011-04-08T14:40:22Z
BERITA MERANTI, Selatpanjang (DP)-Rencana Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, melalui Dinas Pendidikan, dalam meningkatkan Sumber Daya Manausia (SDM) yang terampil dan siap pakai, dengan mendirikan sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di setiap Kecamatan, ternyata mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan Nasional. Hal ini terungkap saat Kepala Dinas dan sejumlah staf Diknas berkunjung ke Jakarta belum lama ini. “Proposal rencana pendirian SMK di setiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti yang kami bawa di Kementerian Pendidikan Nasional, mendapat respon positif, insyaallah mulai Tahun Anggaran 2012 nanti, apa yang akan kita rencanakan akan terwujud. Kami sudah mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat,”ujar Drs Bakhtiar MP, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Meranti, kepada Berita Meranti kemaren.

Dikatakan Bakhtiar, kedatangannya ke Jakarta langsung menemui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional. Saat itu dilaporkan, Kabupaten Kepulauan Meranti yang baru berumur lebih kurang dua tahun ini, baru dua kecamatan yang memiliki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yakni di Kecamatan Merbau dan Kecamatan Tebing Tinggi.
Sementara lima kecamatan lainnya yakni Rangsang, Rangsang Barat, Tebing Tinggi Barat, Pulau Merbau dan Tebing
Tinggi Timur sama sekali belum ada. “Kita menyadari, tidak semua tamatan SMP yang akan masuk SMA maupun MA, demikian juga tidak semua tamatan SMA akan melanjutkan studinya keperguruan tinggi, oleh karena itu dengan adanya SMK di masing-masing kecamatan, diharapkan nanti para pelajarnya sudah memiliki ketampilan khusus, kendati masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahaan,”papar Bakhtiar.
Menurut Bakhtiar, SMK yang akan didirikan tersebut lebih mengarahkan kepada program kejuruan khusus seperti bidang pertanian, perikanan dan perkebunan serta pertambangan. Tak kalah pentingnya dibidang Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan lain sebagainya.
Selama ini, jelas Kadis Pendidikan Meranti ini, bagi siswa yang sudah menamatkan SMP mereka mau melanjutkan pendidikannya ke SMK, terpaksa mendaftarkan ke Selatpanjang maupun ke Teluk Belitung. Hal ini tentunya menimbulkan kos yang besar bagi orang tua murid.
Lebih lanjut diungkapkan Bakhtiar, Pemerintah daerah Melalui Dinas pendidikan selalu berupaya meningkatkan prestasi belajar sesuai dengan tuntutan kehidupan yang semakin mengelobal.
Komentar

Tampilkan

  • Pemerintah Pusat Respon Pendirian SMK
  • 0

Terkini

Topik Populer